Kamis, 29 Oktober 2009

Sejarah Pendidikan Islam

BAB I

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan suatu proses belajar mengajar yang membiasakan warga masyarakat sedini mungkin untuk menggali, memahami, dan mengamalkan semua nilai yang disepakati sebagai nilai terpuji dan dikehendaki, serta berguna bagi kehidupan dan perkembangan pribadi, masyarakat, bangsa dan Negara.

Pendidikan Islam berarti proses bimbingan dari pendidik tehadap perkambangan jasmani, rohani, dan akal peserta didik kearah terbentuknya pribadi muslim yang baik.

Untuk itu kami dari pemakalah mencoba untuk menguraikan tentang pendidikan Islam dengan pembahasan pendidikan Islam umum dan khusus dan komponen pendidikan pada ketiga jalur pendidikan.


BAB II

PEMBAHASAN

  1. Lahirnya Pendidikan Islam

Pendidikan dalam Islam merupakan suatu pokok utama dalam kelanjutan ketauhidan keimanan terhadap ajajarannya. Perkembangan pendidikan Islam sejalan dengan berkembangnya Islam itu sendiri, bahkan pendidikan Islam sebenarnya telah dimulai sejak zaman nabi terdahulu dan disempurnakan olehnabi Muhammad SAW di Makkah dan di Madinah. Dasar ajaran Islam sendiri merupakan perintah untuk membaca, sebagaimana bunyi ayat pertama yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Pendidikan Islam pada awal perkembangannya telah memiliki keunggulan karena coraknya yang bersifat komprehensif dengan maksud agar anak didik didorong sehingga mampu untuk menuangkan segala kemamuan yang dimilikinya. Tujuan dalam pendidikan Islam erdiri dari tujuan keagamaan dan tujuan keduniaan. Kebijakan untuk tujuan keduniaan telah dinamakkan dari upaya menonjolkan keterampilan bekerja dalam rangka pendidikan seumur hidup. Kebijakan tersebut hanya dapat dicapai apabila sistem pendidikan berjalan efektif dan sebanding.

  1. Pendidikan Islam Umum dan Khusus

1. Pendidikan Islam Umum

Adalah pendidikan yang diberikan kepada umat Islam dalam semua keadaan, meliputi semua bidang hidup manusia seperti rohani, jasmani, emosi, sosial, politik, budaya, ekonomi, sains, multimedia, mass media, pendidikan, perundang-undangan dan lain-lain. Maknanya, dalam setiap bidang tersebut ada pendidikan Islamnya.

2. Pendidikan Islam Khusus

Hasan Langgulung (1995) mengistilahkan dengan Islam Terhad, yaitu merangkumi segala ilmu Islam yang terdiri dalam berbagai bidang seperti aqidah, ibadah, fiqh, tafsir, hadits, akhlak, sejarah, falak, dan lain-lain. Inilah yang dikenal dengan pendidikan Islam, yaitu mata pelajaran yang ada didalam sekolah.

  1. Pendidikan Islam Pada Tiga Jalur Pendidikan

    1. Lembaga Pendidikan Informal

Adalah lembaga pendidikan tanpa adanya suatu organisasi yang ketat dan tanpa adanya program waktu dan evaluasi. Salah satu lembaga ini adalah keluarga. Keluarga sebagi unit terkecil dalam masyarakat adalah persekutuan antara orang yang memiliki pola kepentingan masing-masing dalam mendidik anak yang belum ada dalam lingkungannya. Dalam Islam, pentingnya dan keutamaan keluarga sebagai lembaga pendidikan Islam diisyaratkan dalam Al-Quran sura At-Thamrin ayat 6 :

    1. Lembaga Pendidikan Formal

Menurut Abu Ahan dan Nur Uhbiyato, lembaga pendidikan formal adalah bil dalam pendidikan tersebut diadakan pada suatu tempat yang tertentu, teratur, sistematis, mempunyai perpanjangan dan dalam kurun waktu tertentu, berlangsung mulai dari pendidikan dasar sampai kepada pendidikan tinggi yang berdasarkan kepada aturan yang telah ditetapkan.

    1. Lembaga Pendidikan Nonformal

Adalah lembaga pendidikan yang teratur tetapi tidak mengikuti peraturan-peraturan yang tetap dan ketat. Abu Ahmadi mengatakan, lembaga pendidikan kepada semua bentuk-bentuk pendidikan dengan dsengaja dan tertib serta terencana diluar lembaga sekolah. Masyarakat merupakan kumpulan individu atau kelompok yang terikat oleh kesatuan bangsa, Negara, kebudayaan, dan agama. Islam tidak membebaskan manusia dari tanggung jawab. Sebagai anggota masyarkat, dia merupakan bagian yang integral sehingga harus tunduk pada norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Begitu juga tanggung jawabnya tehadap pendidikan. Maka, lahirlah lembaga pendidikan Islam yang dikelompokkan sebagai berikut :

o masjid, mushalla, surau.

o Madasah diniyah yang tidak mengikuti ketetapan resmi

o Majlis ta’lim, TPA, TPSA, wirid remaja.

o Kursus keIslaman

o Badan pembinaan rohani

  1. Macam-Macam Pendidikan Pada Masa Kerasulan dan Masa Sahabat

    1. Macam-Macam Pendidikan Pada Masa Kerasulan

a. Pendidikan Islam Pada Masa Nabi Di Makkah

Ø I’tiqad dan Keimanan

o Pokok yang pertama dan yang utama yang diajarkan Islam adalah beriman kepada Allah SWT yang maha esa, tuhan semesta alamsegala sesuatu yang ada di langit dan di bumi tunduk kepada-Nya dan semua itu adalah citaptaan-Nya.

o Muhammad adalah nabi dan rasul Allah SWT yang diwahyukan Al-Quran kepadanya sebagai petunjuk untuk umat manusia.

o Sesudah hidup di dunia ini ada hidup yang lain, yaitu kehidupan di akhirat.

Ø Amal Ibadat

Amal ibadat yang diajarkan adalah shalat dan zakat. Shalat adalah sebagai pernyataan mengabdi pada Allah SWT dan juga sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT. Sedangkan zakat berarti sedekah kepada fakir miskin.

Ø Akhlak

Akhlak yang dianjurkan oleh rasul diantaranya :

o Adil yang mutlak

o Berbuat baik pada semua orang

o Menepati janji

o Pemaaf

o Takut kepada Allah SWT

o Bersyukur

o Bersatu padu menegakkan agama Islam

o Berbuat baik pada ibu bapak

o Memberi makan keluarga, fakir miskin, dan musafir

o Hidup sederhana dan tidak boros

o Sabar atas segala cobaan

o Amr ma’ruf nahi munkar

Akhlak jahat yang dilarang oleh rasulullah adalah :

o Syirik

o Membunuh anak sendiri karena takut miskin

o Membunuh orang tiada hak

o Mengambil harta anak yatim

o Mencurangi timbangan

o Berzina

o Berkata kasar terhadap orang tua

o Mubazir

o Berlaku bakhil dan boros

o Sombong terhadap sesamea manusia

o Berpecah belah

b. Pendidikan Islam pada Masa Nabi di Madinah

Ø Pendidikan Keagamaan

o Pendidikan Keimanan

Di Madinah ditetapkan keimanan ada 6 perkara yaitu :

ü Iman kepada Allah SWT

ü Iman kepada Malaikat

ü Iman kepada Kitab-Kitab Allah SWT

ü Iman kepada Nabi dan Rasul Allah SWT

ü Iman kepada Hari Akhir

ü Iman kepada Qada dan Qadar

o Ibadat

ü Shalat

ü Puasa

ü Zakat

ü Haji

Ø Pendidikan Akhlak

Pendidikan akhlak yang telah di selenggarakan di Makkah diperkuat dan diperinci di Madinah, seperti adab masuk rumah, adab bercakap-cakap, adab bertetangga, adab bergaul dalam masyaraka, dan lain-lain.

Ø Pendidikan Kesehatan (Jasmani)

Sesungguhnya dalam amalan ibadah telah terselip pendidikan kesehatan, seperti wudhu’ dan mandi yang tujuannya adalah untuk kebersihan. Gerakan dalam shalat merupakan gerakan badan. Thawaf keliling Ka’bah, berlari-lari kecil antara safa dan marwa, merupakan didikan jasmani.

Ø Syari’at yang Berhubungan dengan Masyarakat

o Hal-hal yang berhubungan dengan rumah tangga, seperti hukum perkawinan dan hukum pembagian warisan.

o Hal-hal yang berhubungan dengan pergaulan manusia dengan sesama manusia.

o Hal-hal yang berhubungan dengan qisas seperti hukum pidana.

o Hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi dan pemerintahan.

    1. Macam-Macam Pendidikan Pada Masa Sahabat

Pada masa khulafaurrasyidin sebenarnya telah ada tingkat pengajaran hampir seperti sekarang. Tingkat pertama adalah kuttab, tempat anak-anak belajar menulis dan membaca atau membaca Al-Quran serta belajar pokok-pokok ajaran Islam. Setelah menamatkannya, mereka belajar ke masjid dan disinilah tingkat menengah dan tingkat tinggi. Pada tingkat menengah, gurunya belumlah ulama besar dan pada tingkaan tingkat tinggi, gurunya adalah ulama yang dalam ilmunya dan mahsyur kealiman dan kesalehannya.

Pusat pendidikan pada masa khulafaurrasyidin adalah :

o Di kota Makkah

o Di kota Madinah

o Di kota Damsik dan Palestina

o Di kota Mesir


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Lahirnya Pendidikan Islam

Pendidikan dalam Islam merupakan suatu pokok utama dalam kelanjutan ketauhidan keimanan terhadap ajajarannya. Perkembangan pendidikan Islam sejalan dengan berkembangnya Islam itu sendiri, bahkan pendidikan Islam sebenarnya telah dimulai sejak zaman nabi terdahulu dan disempurnakan olehnabi Muhammad SAW di Makkah dan di Madinah. Dasar ajaran Islam sendiri merupakan perintah untuk membaca, sebagaimana bunyi ayat pertama yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Pendidikan Islam Umum

Adalah pendidikan yang diberikan kepada umat Islam dalam semua keadaan, meliputi semua bidang hidup manusia seperti rohani, jasmani, emosi, sosial, politik, budaya, ekonomi, sains, multimedia, mass media, pendidikan, perundang-undangan dan lain-lain.

Pendidikan Islam Khusus

Hasan Langgulung (1995) mengistilahkan dengan Islam Terhad, yaitu merangkumi segala ilmu Islam yang terdiri dalam berbagai bidang seperti aqidah, ibadah, fiqh, tafsir, hadits, akhlak, sejarah, falak, dan lain-lain.

Macam-Macam Pendidikan Pada Masa Kerasulan

1. Pendidikan Islam Pada Masa Nabi Di Makkah

Ø I’tiqad dan Keimanan

Ø Amal Ibadat

Ø Akhlak

2. Pendidikan Islam pada Masa Nabi di Madinah

Ø Pendidikan Keagamaan

Ø Pendidikan Akhlak

Ø Pendidikan Kesehatan (Jasmani)

Ø Syari’at yang Berhubungan dengan Masyarakat

    1. Macam-Macam Pendidikan Pada Masa Sahabat

Pusat pendidikan pada masa khulafaurrasyidin adalah :

Ø Di kota Makkah

Ø Di kota Madinah

Ø Di kota Damsik dan Palestina

Ø Di kota Mesir

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmat Hidayanto © 2008. Design By: SkinCorner